Minggu, 14 September 2014

Hewan Tunggangan Rasulullah Saw.



ذكر أفراس رسول الله صلى الله عليه وسلم

أول فرس ملكه: السكب، اشتراه من أعرابي من بني فزارة بعشر أواق، وكان اسمه عند الأعرابي الضرس، فسماه السكب، وكان أغر محجلًا طلق اليمين، وهو أول فرس غزا عليه. وكان له سبحة، وهو الذي سابق عليه، فسبق، ففرح به. والمرتجز: وهو الذي اشتراه من الأعرابي الذي شهد له خزيمة بن ثابت، والأعرابي من بني مرة.
وقال سهل بن سعد الساعدي: كان لرسول الله صلى الله عليه وسلم عندي ثلاثة أفراس: لزاز، والظرب، واللحيف. فأما لزاز: فأهداه له المقوقس، وأما اللحيف: فأهداه له ربيعة بن أبي البراء، فأثابه عليه فرائض من نعم بني كلاب، وأما الظرب: فأهداه له فروة بن عمرو الجذامي. وكان له فرس يقال له: الورد، أهداه له تميم الداري، فأعطاه عمر، فحمل عليه، فوجده يباع. وكانت بغلته الدلدل، يركبها في الأسفار، وعاشت بعده حتى كبرت وزالت أسنانه، وكان يجش لها الشعير، وماتت بينبع، وحماره عفير مات في حجة الوداع.
وكان له عشرون لقحة بالغابة، يراح إليه كل ليلة بقربتين عظيمتين من لبن، وكان فيها لقاح غزار: الحناء، والسمراء، والعريس، والسعدية، والبغوم، واليسيرة، والريا. وكانت له لقحة تدعي بردة، أهداها له الضحاك بن سفيان، كانت تحلب كما تحلب لقحتان غزيرتان. وكانت له مهرة أرسل بها سعد بن عبادة من نعم بني عقيل, والشقراء. وكانت له العضباء، ابتاعها أبو بكر من نعم بني الحريش، وأخرى بثمانمائة درهم، فأخذها رسول الله صلى الله عليه وسلم بأربعمائة درهم، وهي التي هاجر عليها، وكانت حين قدم المدينة رباعية، وهي القصواء والجدعاء، وقد سبقت، فشق على المسلمين.
وكان له منائح سبع من الغنم: عجرة، وزمزم، وسقيا، وبركة، وورسة، وأطلال، وأطراف. وكان له مائة من الغنم.

Hewan Tunggangan Rasulullah Saw.

Beberapa jenis hewan yang dimiliki Rasulullah Saw. adalah:

1.      As-Sakbu, kuda pertama yang dimiliki Rasulullah Saw. dibeli dari seorang Arab Badui dari Bani Fazarah seharga 10 uqiyah. Saat dimiliki penjualnya, ia bernama adh-Dharis, lalu oleh Rasulullah Saw. diganti dengan as-Sakbu. Kuda tersebut memiliki warna putih di kaki dan kepalanya sebelah kanan. Itu adalah kuda pertama Rasulullah Saw. yang digunakan di medan perang. Ia memiliki pakaian dari kulit. Suatu saat Rasulullah Saw. lomba pacuan kuda, dan beliau mengendarainya lalu beliau menang. Karena itu beliau senang padanya.

2.      Al-Murtajaz, dibeli oleh Rasulullah Saw. dari seorang Arab Badui Bani Murrah yang disaksikan oleh Khuzaimah bin Tsabit Ra.

3.      Sahl bin Sa’ad as-Saidi berkata: “Rasulullah Saw. memiliki 3 ekor kuda yang kupelihara, yaitu: Lizaz, Dharib dan Luhaif. Adapun Lizaz adalah hadiah dari al-Muqaiqis, Luhaif hadiah dari Rabi’ah bin Abi Bara yang dibalas Rasulullah Saw. dengan beberapa baju kulit dari Bani Kilab, dan Dharib adalah hadiah dari Farwah bin Amr al-Judzami.”

4.      Al-Wardu, hadiah dari Tamim ad-Dari. Lalu diberikan kepada Umar Ra., yang kemudian olehnya kuda tersebut dijual.

5.      Ad-Duldul, jenis bighal yang dikendarai Rasulullah Saw. saat bepergian. Rasulullah Saw. biasa menumbuk gandum untuk makanan bighal tersebut. Bighal tersebut masih hidup sepeninggal Rasulullah Saw., hingga tanggal gigi-giginya. Sampai akhirnya ad-Duldul meninggal di Yanbu’.

6.      Ufair, himar Rasulullah Saw. yang meninggal saat haji Wada’.

7.      Rasulullah Saw. juga memiliki 20 unta perahan yang dibiarkan berkeliaran di hutan. Setiap malam diperah susunya hingga terkumpul 2 geriba (tempat susu dari kulit) yang besar. Diantara unta-unta tersebut ada beberapa unta yang deras susunya, yaitu: al-Hanna, as-Samra’, al-Urais, as-Sa’diyah, al-Baghum, al-Yasirah, dan ar-Rayya.

8.      Burdah, unta Rasulullah Saw. hadiah dari adh-Dahhak bin Sufyan, yang juga deras perahan susunya.

9.      Adapula yang bernama Mahrah dan asy-Syaqra’, merupakan kiriman dari Sa’d bin Ubadah. Dua unta tersebut adalah kendaraan terbagus dari Bani Uqail.

10.  Al-‘Adhba’, unta yang dibeli oleh Abu Bakar Ra. dari Bani Harisy seharga 800 dirham. Lalu oleh Rasulullah Saw. dibeli dengan 400 dirham. Unta tersebut dikendarai saat hijrah ke Madinah. Saat beliau tiba di Madinah, unta itu merupakan tunggangan yang terbaik. Itulah yang disebut al-Qaswa, terkadang disebut al-Jad’a. Karena menyusahkan kaum muslimin, maka diikat agar tidak berontak lari.

11.  Rasulullah Saw. memiliki 7 ekor kambing pemberian orang, yang bernama: Ujrah, Zamzam, Suqya, Barakah, Warsah, Athlal dan Athraf. Disamping itu beliau memiliki 100 ekor kambing yang lain.

2 komentar:

  1. Assalammu'alaikum. Maaf sedikit bertanya, adakah riwayat hadits yang pernah mengisahkan tentang ini? Terimakasih :)

    BalasHapus