Minggu, 14 September 2014

Pertumbuhan, Perjalan ke Syam dan Pernikahan Rasulullah Saw.



فصل نشأته صلى الله عليه وسلم بمكة، وخروجه مع عمه أبي طالب إلى الشام، وزواجه بخديجة

ونشأ رسول الله صلى الله عليه وسلم يتيما يكفله جده عبد المطلب، وبعده عمه أبو طالب بن عبد المطلب. وطهره الله عز وجل من دنس الجاهلية، ومن كل عيب، ومنحه كل خلق جميل، حتى لم يكن يعرف بين قومه إلا بالأمين، لما شاهدوا من أمانته، وصدق حديثه، وطهارته.
"فلما بلغ اثنتي عشرة سنة، خرج مع عمه أبي طالب إلى الشام، حتى بلغ بُصرَى فرآه بحيرا الراهب، فعرفه بصفته، فجاء وأخذ بيده وقال: هذا سيد العالمين، هذا رسول رب العالمين، هذا يبعثه رحمة للعالمين. فقيل له: وما علمك بذلك؟ قال: إنكم حين أقبلتم من العقبة لم يبق شجرة، ولا حجر، إلا خر ساجدًا، ولا يسجدون إلا لنبي، وإنا نجده في كتبنا، وسأل أبا طالب فرده خوفًا عليه من اليهود". ثم خرج ثانيًا إلى الشام مع ميسرة غلام خديجة رضي الله عنها في تجارة لها قبل أن يتزوجها، حتى بلغ إلى سوق بصرى، فباع تجارته.
فلما بلغ خمسًا وعشرين سنة تزوج خديجة عليها السلام. فلما بلغ أربعين سنة اختصه الله بكرامته، وابتعثه برسالته، أتاه جبريل عليه السلام وهو بغار حراء – جبل بمكة -، فأقام بمكة ثلاث عشرة سنة، وقيل خمس عشرة، وقيل: عشرصا، والصحيح الأول. وكان يصلي إلى بيت المقدس مدة إقامته بمكة، ولا يستدبر الكعبة، ويجعلها بين يديه. وصلى إلى بيت المقدس أيضًا بعد قدومه المدينة سبعة عشر شهرًا، أو ستة عشر شهرًا.

Pertumbuhan, Perjalan ke Syam dan Pernikahan Rasulullah Saw.

Masa kecilnya di Mekkah, perjalanannya menuju Syam bersama pamandanya, Abu Thalib, dan pernikahannya dengan Khadijah Ra. Nabi Muhammad Saw. dalam keadaan yatim piatu diasuh oleh kakeknya Abdul Mutthalib, kemudian oleh pamannya Abu Thalib.

Allah Swt. mensucikannya dari kotoran-kotoran jahiliyah dan dari semua aib. Allah Swt. menganugerahkannya semua sifat-sifat yang baik sehingga dikenal di kalangan kaumnya dengan julukan al-Amin (orang yang jujur) karena amanah, kejujuran dan kesuciannya.

Ketika usianya mencapai 12 tahun ia mengadakan perjalanan ke Syam bersama pamannya. Ketika sampai di Bushra seorang pendeta bernama Bahira melihatnya. Ia mengenalnya dengan ciri-ciri yang ada pada Nabi Muhammad. Buhaira mendatangi Nabi Muhammad, mengambil tangannya dan berkata: “Inilah tuan untuk semesta alam, inilah utusan Rabb semesta alam, inilah nabi yang akan diutus untuk semesta alam.”

Buhaira ditanya: “Dari mana kamu tahu hal ini?”

Ia menjawab: “Sesungguhnya ketika kalian datang dari Aqabah tidak ada pepohonan dan bebatuan kecuali semuanya sujud. Dan ini tidak terjadi kecuali kepada nabi. Dan kami mendapatkan hal ini dari kitab suci kami.”

Kemudian ia meminta Abu Thalib untuk kembali bersamanya karena khawatir terhadap kejahatan orang-orang Yahudi kepadanya. Kemudian Nabi Muhammad Saw. mengadakan perjalanan ke Syam yang kedua kali bersama Maysarah, budak Khadijah Ra. untuk berniaga di pasar kota Bushra sebelum Khadijah dinikahi oleh Nabi Muhammad.

Ketika Nabi Muhammad Saw. berusia 25 tahun ia menikahi Khadijah. Dan ketika usianya 40 tahun Allah Swt. memilihnya untuk membawa risalahNya. Malaikat Jibril As. mendatanginya di gua Hira yang terletak di sebuah gunung di Mekkah. Semnejak itu jadilah ia sebagai Rasullullah.

Beliau Saw. berdakwah di Mekkah selama 13 tahun, menurut pendapat lain 15 tahun atau 10 tahun. Pendapat yang benar adalah 13 tahun.

Rasulullah Saw. shalat menghadap Baitul Maqdis selama di Mekkah tanpa membelakangi Ka’bah tetapi menjadikan Ka’bah di depannya. Setelah hijrah ke Madinah, Rasulullah Saw. shalat menghadap ke Baitul Maqdis selama 17 atau 16 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar