Minggu, 14 September 2014

Putera-puteri Rasulullah Saw.



فصل في أولاده

وله صلى الله عليه وسلم من البنين ثلاثة:
القاسم: وبه كان يكنى، ولد بمكة قبل النبوة، ومات بها وهو ابن سنتين. وقال قتادة: عاش حتى مشى.
وعبد الله: ويسمى الطيب والطاهر، لأنه ولد في الإسلام. وقيل: إن الطاهر والطيب غيره، والصحيح الأول.
وإبراهيم: ولد بالمدينة، ومات بها سنة عشر، وهو ابن سبعة عشر شهرًا أو ثمانية عشر. وقيل: كان له ابن يقال له: عبد العزى، وقد طهره الله عز وجل من ذلك وأعاذه منه.
البنات:
زينب: تزوجها أبو العاص بن الريع بن عبد العزى بن عبد شمس، وهو ابن خالتها، وأمه هالة بنت خويلد، ولدت له عليًا – مات صغيرًا – وأمامة التي حملها النبي صلى الله عليه وسلم في الصلاة، وبلغت حتى تزوجها علي بعد موت فاطمة.
وفاطمة: تزوجها علي بن أبي طالب، فولدت له الحسن والحسين، ومحسنا – مات صغيرا ,وأم كلثوم تزوجها عمر بن الخطاب ,وزينب, تزوجها عبد الله بن جعفر بن أبي طالب.
ورقية: تزوجها عثمان بن عفان فماتت عنده، ثم تزوج أم كلثوم فماتت عنده، وولدت رقية ابنا فسماه عبد الله، وبه كان يكنى.
فالبنات أربع بلا خلاف، والصحيح في البنين أنهم ثلاثة، وأول من ولد له القاسم، ثم زينب، ثم رقية، ثم فاطمة، ثم أم كلثوم، ثم في الإسلام عبد الله، ثم إبراهيم بالمدينة. وأولاده كلهم من خديجة إلا إبراهيم فإنه من مارية القبطية وكلهم ماتوا قبله إلا فاطمة، فإنها عاشت بعده ستة أشهر.

Putera-puteri Rasulullah Saw.

Rasulullah Saw. memilik 3 orang putera:

1.      Al-Qasim: Dilahirkan di Mekkah sebelum Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi. Al-Qasim meninggal di Mekah pada usia 2 tahun. Namun menurut Qatadah, al-Qasim meninggal ketika ia sudah bisa berjalan.

2.      Abdullah: Dinamakan juga dengan ath-Thayyib (yang baik) dan ath-Thahir (yang suci) karena ia dilahirkan sesudah Islam. Ada pendapat yang mengatakan bahwa ath-Thayyib dan ath-Thahir ini adalah putra Rasulullah Saw. yang lain, namun pendapat pertama adalah yang benar.

3.      Ibrahim: Dilahirkan dan wafat di Madinah tahun 10 Hijriah pada usia 17 atau 18 bulan. Ada pendapat yang mengatakan Rasulullah Saw. memiliki putra lain yang bernama Abdul Uzza tapi pendapat ini sangat lemah karena Allah Swt. telah mensucikan dan melindungi Nabi Saw. dari hal demikian (penamaan anak Abdul Uzza yang berarti hamba Uzza nama salah satu berhala Quraisy).

Puteri Rasulullah Saw. ada 4:

1.      Zainab: Menikah dengan Abu al-Ash bin Rabi’ bin Abdul Uzza bin Abdul Syams sepupu Zainab, karena ibunya adalah Hala binti Khuwailid (saudara dari Khadijah binti Khuwailid). Zainab mempunyai anak bernama Ali yang meninggal waktu kecil dan Umamah yang digendong oleh Nabi Saw. waktu shalat dan setelah dewasa menikah dengan Ali bin Abi Thalib setelah Fathimah wafat.

2.      Fathimah: Menikah dengan Ali bin Abi Thalib Ra. Dari pernikahan tersebut melahirkan Hasan, Husain, Muhassin yang meninggal waktu kecil, Ummu Kultsum yang menikah dengan Umar bin Khattab Ra., dan Zainab yang menikah dengan Abdullah bin Ja’far bin Abi Thalib Ra.

3.      Ruqayyah: Menikah dengan Utsman bin Affan Ra. dan meninggal di pangkuan Utsman.

4.      Utsman lalu menikahi Ummu Kultsum (adik Ruqayyah), yang juga meninggal di pangkuannya. Ruqayyah memiliki seorang putra yang bernama Abdullah sehingga Ustman dipanggil dengan kunyah Abu Abdullah.

4 puteri Rasulullah Saw. tanpa ada perbedaan pendapat ulama mengenai hal ini. Sedangkan putera Rasulullah Saw. ada 3 orang berdasarkan pendapat yang benar.

Urutan putera-puteri Rasulullah Saw. adalah sebagai berikut: al-Qasim, Zainab, Ruqayyah, Fathimah, Ummu Kultsum, Abdullah, dan Ibrahim yang lahir di Madinah. Semuanya adalah putra-putri dari Khadijah kecuali Ibrahim yang lahir dari Mariyah al-Qibthiyah dan semuanya meninggal sebelum Muhammad menjadi Rasul kecuali Fathimah yang meninggal 6 bulan setelah kematian Rasulullah Saw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar